Select Page

Honda Prospect Motor kembali mengadakan ajang tahunan “Honda Skill Contest”. Babak penutup terlaksana di fasilitas Training Center Honda Prospect Motor (HPM) jakarta (15/02). Gelaran ini tak hanya melibatkan teknisi servis, para wiraniaga, Spare Parts, dan Customer Care Officer dari seluruh diler resmi turut berkompetisi.

Honda Skill Contest sendiri bertujuan mengukur kualitas Sumber Daya Manusia. Pun pada akhirnya diharapkan dapat memuaskan pelanggan. Seperti diungkapkan Service, Parts & Customer Care Assistant General Manager, Denny MT, “Ajang ini kami adakan setiap tahun untuk mengukur dan menguji kesiapan para Sumber Daya Manusia dalam melayani konsumen. Melalui ajang ini, kami harap sumber daya manusia Honda dapat terus memberikan pelayanan sales dan aftersales yang maksimal.”

 

Sebelum memasuki babak final, penyaringan kontestan telah terlaksana di lima wilayah diler utama Honda. Membawahi 155 diler yang berpartisipasi. Setelah itu, barulah didapat 90 personil yang bergumul di Jakarta. Terdiri dari 10 Wiraniaga, 60 teknisi servis termasuk Service Advisor, Teknisi Repair, dan teknisi Pair Maintenance dan Body Painting.

Honda Skill Contest 2020

Berbagai uji kompetensi dan kemampuan perlu dijalani para kontestan ini. Contoh bagi Wiraniaga, selain pengetahuan produk, kemampuan melayani juga dites secara tertulis berikut permainan peran. Partman Finalis Spare Part adu kehebatan soal penguasaan dan pengetahuan suku cadang. Kalau kontestan Customer Care berlaga dalam hal cara melayani pelanggan, baik itu sekadar menanyakan informasi maupun pelayanan keluhan. Sementara itu teknisi servis berkompetisi di banyak kategori seperti Service Advisor, Teknisi Repair, Teknisi Pair Maintenance dan Body & Paint.

“Pada dasarnya tujuan ini untuk sumber daya manusia itu penting sekali. Jadi ya untuk meningkatkan sdm sekalian mencari tahu siapa yang terbaik dari sales sampai aftersales. Jadi, sumber daya manusia itu memang the most important buat kami,” kata Yusak Billy, Business Innovation and Sales Marketing Director PT Honda Prospect Motor.

Lantas, tidak selesai sampai ditemukan pemenang nasional. Dijelaskan kembali oleh Denny, nantinya ada kemungkinan para jawara diterbangkan sebagai delegasi Indonesia dalam tingkatan lebih tinggi di regional office Thailand. Bila unggul, mereka pun dapat mewakili Asia & Oseania di kancah global yang dihelat dua tahun sekali.

Kompetisi teknisi diler bengkel Honda

Jangan anggap remeh teknisi Honda. Mereka punya prestasi yang boleh diacungi jempol. “Tahun kemarin di regional kami juara satu di quick maintenance, tapi karena memang di dunia tidak ada quick service jadi kami kemudian hanya menjadi observer,” Bangga Denny. Ia menambahkan kalau kompetitor terberat berasal dari Cina dan Jepang, tapi di Asia Tenggara Indonesia boleh berbangga. “Saya rasa di Asia Tenggara, Indonesia tidak kalah ya. Sangat kompetitif sekali. Dengan Thailand kita pernah juara,” pungkas Denny.