Select Page
Liputan6.com, Jakarta – Honda Brio berhasil menjadi model dengan penjualan tertinggi di antara semua merek di Indonesia pada tahun 2020. Sepanjang tahun lalu, Honda Brio mengumpulkan total penjualan sebanyak 43.021 unit di seluruh Indonesia.

Brio Satya terjual sebanyak 31.713 dan Honda Brio RS terjual sebanyak 11.308 unit, total kontribusi hingga 54% dari keseluruhan penjualan mobil Honda sepanjang tahun 2020 yang tercatat sebanyak 79.451 unit. Hingga akhir tahun 2020, Honda Brio Satya pun telah menjadi market leader di segmen LCGC dengan pangsa pasar sebesar 27,2%, sementara Honda Brio RS menguasai pangsa pasar sebesar 74,7% di segmen City Car.

Gelar model terlaris di Indonesia ini baru pertama kali diraih oleh Honda Brio semenjak diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2012. Dalam waktu 8 tahun sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, Honda Brio telah mencatat penjualan sebanyak 376.304 unit. Tak hanya untuk pasar dalam negeri, PT HPM juga telah melakukan ekspor Honda Brio ke Filipina dan Vietnam, dengan total pengiriman sebesar 5.970 unit di tahun 2020 lalu.

“Kami bangga bahwa Honda Brio menjadi produk yang diterima dengan sangat baik oleh konsumen di Indonesia. Model ini merupakan produk istimewa yang dirancang dan dikembangkan untuk Indonesia, khususnya anak-anak muda dan pembeli mobil pertama, dengan fitur lengkap, tampilan dan performa yang sporty, serta harga dan biaya operasional terjangkau,” ungkap Takehiro Watanabe, President Director PT Honda Prospect Motor, dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com.

Meluncur 2012
Honda Brio pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tanggal 2 Agustus 2012 sebagai model pertama Honda di segmen City Car. Satu tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 11 September 2013, memperkenalkan varian Honda Brio Satya yang merupakan produk Low Cost Green Car (LCGC).

Model ini juga sepenuhnya diproduksi di dalam negeri dengan kandungan lokal yang ditingkatkan hingga mencapai 89%. Sebagai sebuah produk nasional, Brio Satya juga mengusung nama dan logo yang diciptakan khusus untuk Indonesia. Nama “Satya” sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang berarti “tulus” atau “setia”. Berbeda dengan produk Honda lainnya, Brio Satya juga menggunakan logo yang mengambil bentuk dari bunga melati, yang merupakan bunga nasional Indonesia.

Pada tahun 2016, Honda juga memperkenalkan Honda Brio RS sebagai varian baru dengan karakter yang lebih sporty. Generasi kedua All New Honda Brio diluncurkan pada 2 Agustus 2018 dengan perubahan desain terutama di bagian depan dan belakang semakin sporty, serta ruang serta kabin dan bagasi yang semakin luas. Dengan menawarkan pengalaman berkendara yang lebih baik dengan nuansa yang sporty dan fun-to-drive sesuai DNA Honda, dengan performa tinggi dan konsumsi bahan bakar yang efisien.