Select Page
Liputan6.com, Jakarta – Mulai tahun 2021, setiap mobil baru kini wajib dilengkapi dengan APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Hal tersebut tertuang dalam berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor KP.972/AJ.502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor pasal 2 ayat 2.

Menanggapi hal tersebut, Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) sudah siap untuk mematuhi regulasi baru tersebut.

“Untuk model dengan VIN (Vehicle Identification Number 2021) sudah kami siapkan APAR. Sebelum 2021 tidak kami siapkan. Patokannya adalah kode produksi, termasuk (Completely Knock Down) dan CBU (Completely Built Up),” ungkap Yusak saat teleconference, Senin (18/1).

Menurut Yusak, kehadiran APAR sebagai kelengkapan baru turut berpengaruh terhadap harga jual mobil Honda. ” Ya ini menjadi salah satu unsur kenaikan harga, selain pajak, fitur, dan kelengkapan,” pungkas Yusak.

Mengenal Lebih Dekat Sosok Honda Brio, Mobil Terlaris di Indonesia Selama 2020
Honda Brio berhasil menjadi model dengan penjualan tertinggi di antara semua merek di Indonesia pada tahun 2020. Sepanjang tahun lalu, Honda Brio mengumpulkan total penjualan sebanyak 43.021 unit di seluruh Indonesia.

Brio Satya terjual sebanyak 31.713 dan Honda Brio RS terjual sebanyak 11.308 unit, total kontribusi hingga 54% dari keseluruhan penjualan mobil Honda sepanjang tahun 2020 yang tercatat sebanyak 79.451 unit. Hingga akhir tahun 2020, Honda Brio Satya pun telah menjadi market leader di segmen LCGC dengan pangsa pasar sebesar 27,2%, sementara Honda Brio RS menguasai pangsa pasar sebesar 74,7% di segmen City Car.

Gelar model terlaris di Indonesia ini baru pertama kali diraih oleh Honda Brio semenjak diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2012. Dalam waktu 8 tahun sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, Honda Brio telah mencatat penjualan sebanyak 376.304 unit. Tak hanya untuk pasar dalam negeri, PT HPM juga telah melakukan ekspor Honda Brio ke Filipina dan Vietnam, dengan total pengiriman sebesar 5.970 unit di tahun 2020 lalu.

“Kami bangga bahwa Honda Brio menjadi produk yang diterima dengan sangat baik oleh konsumen di Indonesia. Model ini merupakan produk istimewa yang dirancang dan dikembangkan untuk Indonesia, khususnya anak-anak muda dan pembeli mobil pertama, dengan fitur lengkap, tampilan dan performa yang sporty, serta harga dan biaya operasional terjangkau,” ungkap Takehiro Watanabe, President Director PT Honda Prospect Motor, dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com.